SEKILAS TENTANG ASKRIDA


Dari generasi ke generasi, dari semua kisah keberadaan manusia, dan dalam setiap komunitasnya, manusia terus bergulat dengan permasalahan mengenai keamanan dan bahaya yang terus menerus mengancam mereka serta bagaimana menghadapi dunia yang tidak menentu ini. Puji syukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa, bahwa keberadaan manusia moderen sekarang ini telah menawarkan kepada kita keamanan, perlindungan, dan kenyamanan – tetapi tetap tidak mampu untuk melindungi kita dari bencana alam seperti gempa bumi, tsunami ataupun bahaya kebakaran. Dan kita adalah mahluk hidup: Kehidupan manusia itu sangat rapuh, dan juga sangat singkat. Inilah yang melatarbelakangi kelahiran bisnis asuransi, yang sekarang ini sudah sangat berkembang luas, menawarkan kepada manusia dukungan mereka disaat harus melewati masa-masa sulit dan juga bencana. Indonesia, negeri kepulauan besar yang sangat indah, yang memiliki lebih dari tigabelas ribu pulau, berdiri di atas “lingkaran api”, dan yang dikenal sangat rentan akan bermacam-macam bencana alam.

Sebagai sebuah negeri kepulauan yang beriklim tropis maka struktur iklimnya juga sangat rentan dengan cuaca buruk setiap waktu. Itulah yang melatarbelakangi kami untuk mendirikan sebuah perusahaan asuransi, yang menawarkan dukungan kepada pembangunan nasional. PT Asuransi Bangun Askrida, atau yang biasa disebut “Askrida”, didirikan oleh pemerintah Republik Indonesia sebagai sebuah perusahaa yang menawarkan perlindungan asuransi atas semua resiko dan kehilangan, khususnya bagi gedung-gedung pemerintahan dan juga asset-aset milik pemerintah lainnya.

Perusahaan ini adalah perusahaan asuransi berskala nasional, yang didirikan pada tanggal 2 Desember 1989 dibawah badan hukum Raharti Sudjardjati, SH, dan dengan persetujuan dari Departemen Keuangan Republik Indonesia (berdasarkan keputusan pemerintah No. KEP.192/KM.B/1990, dd. 14 March 1990). Pertama kali berdiri perusahaan ini dimiliki oleh Bank Pembangunan Daerah (BPD), lalu pada tahun 1996 sebuah keputusan penting dibuat oleh Menteri Dalam Negeri yang bertujuan untuk memperluas kepemilikan perusahaan asuransi ini, dengan mengikutsertakan 33 instansi pemerintahan daerah (propinsi), yang karenanya telah membuat profil perusahaan menjadi lebih kuat khususnya dalam hal partisipasi Askrida dalam mengembangkan industri asuransi di Indonesia.

Moto yang dimiliki oleh Askrida adalah “Mitra dalam Usaha Pelindung dalam Duka” dengan menawarkan solusi dalam bentuk perlindungan asuransi yang lengkap dan cerdas. Seiring dengan berkembangnya jumlah pelanggan yang sudah dilayani maka profil perusahaan ini juga semakin kuat, dan masyarakat publik pun semakin mengenal lebih jauh mengenai perusahaan ini. Dengan pemegang saham utama yang adalah Bank Pembangunan Daerah dan juga Pemerintah Daerah Propinsi.


visi misi


Visi Menjadi salah satu dari 10 besar perusahaan asuransi nasional yang dikelola secara profesional dan mempunyai anak perusahaan yang saling menunjang satu sama lain.

 

Misi

  1. Memajukan dan mengembangkan ASKRIDA agar dapat memberikan manfaat kepada Bank Pembangunan Daerah dan Pemerintah Provinsi selaku Shareholder.
  2. Mendorong tumbuhnya kesadaran berasuransi, khususnya dilingkungan Pemerintah Daerah (PEMDA), dan berusaha menjamin kepentingan-kepentingan PEMDA dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) serta masyarakat pada umumnya.
  3. Memberi pelayanan yang sebaik-baiknya kepada semua relasi.

 


BUDAYA PERUSAHAAN


Kebudayaan itu dapat kita temukan dimana-mana. Kebudayaan dapat kita umpamakan seperti udara yang kita hirup, dan seperti angin yang bertiup disekitar kita. Dari sejak kanak-kanak kita belajar tentang kebudayaan, bahasa, ekapresi wajah, dan tingkah laku yang benar – orangtua kita telah mewariskan kebudayaan yang mereka anut kepada kita, dan dari kita pula, kebudayaan tersebut akan diwariskan kembali kepada anak cucu kita. Dalam dunia bisnis, istilah “kebudayaan korporat” telah menjadi suatu hal yang menjadi tren. Hal itu menggambarkan tentang cara-cara yang unik yang dimiliki oleh orang-orang yang berada dalam sebuah badan usaha, yaitu bagaimana cara mereka merespon atas perilaku atasan mereka, rekan kerja mereka dan perilaku orang-orang yang berada di bawah pengawasan mereka. Apa yang boleh dan apa yang terbaik yang bisa dilakukan, seberapa jauh dan kemana arahnya sebuah keputusan yang telah dibuat semuanya itu unik, berbeda di masing-masing negara, di masing-masing jenis usaha, dan di masing-masing organisasi tertentu.Didalam Askrida kami telah menciptakan dan mengembangkan budaya korporat untuk mendukung gaya bekerja dan memperlancar pencapaian tujuan yang dimilki oleh setiap karyawan kami. Kami adalah perusahaan yang murni milik negara Indonesia sehingga nilai-nilai yang kami anut berasal dari dalam dan juga disesuaikan dengan gaya yang berlaku dalam kebudayaan masyarakat Indonesia itu sendiri. dapat dijelaskan dalam Kelima Prinsip-Prinsip Dasar berikut ini:

  1. TANGGAP Semua karyawan Askrida harus sadar akan situasi dan kondisi lingkungan terkini, dengan tetap membuka diri bagi adanya perubahan dan perkembangan yang mempengaruhi bisnis kami. Semua pertanyaan, komplen ataupun masukan harus dihargai dan ditanggapi dengan serius, dan harus segera direspon dengan cepat.
  2. TANGGUH Tidak cepat menyerah. Teruslah bekerja dan atasilah masalah dan segala tantangan sampai semua aspek dari isu yang muncul dapat ditanggulangi. Tetaplah teguh dan berpendirian dalam melakukan bisnis secara profesional.
  3. TELITI Setiap mahluk hidup membutuhkan perawatan, pengertian, kesabaran dan dukungan – bahkan disaat mereka menunjukkan sikap yang salah. Setiap karyawan Askrida harus mengaplikasikan ilmu, pengalaman dan juga belas kasihan dalam menjalankanilmu, pengalaman dan juga belas kasihan dalam menjalankan tugas yang diberikan.
  4. TERTIB Pengendalian diri: mentaati peraturan, prosedur dan hukum-hukum yang berlaku dalam melakukan transaksi bisnis. Sungguh-sungguh memiliki komitmen yang kuat untuk menyelesaikan tugas yang diberikan.
  5. TENTERAM Bekerja untuk menciptakan atmosfir kerja yang penuh kebaikan, saling mengerti, saling menghargai satu sama lain dan mengembangkan keterbukaan di antara sesama rekan kerja.

Kinerja Perusahaan



Acara


2012-03-17
Outbond Askrida
Rapat Kerja 2012 dan...
2012-06-28
Konsorsium Asuransi Agunan KPR BTN
Konsorsium Asuransi Agunan KPR...
2012-05-28
RUPS Tahun 2012
Rapat Umum Pemegang Saham Askrida Tahun...
2012-12-10
Perayaan HUT ke 23 di Askrida Jambi
Perayaan HUT ke 23 serta CSR di Askrida...
2012-12-10
Perayaan HUT ke 23 di Askrida Palu
Perayaaan HUT ke 23 serta CSR di Askrida...
2012-12-10
Perayaan HUT ke 23 di Askrida Medan
Perayaan HUT ke 23 serta CSR di Askrida...
2012-12-26
Pembayaran Klaim Askrida Pontianak
Pembayaran Klaim Askrida...
0000-00-00
CSR Peduli Banjir Askrida
CSR Peduli Banjir...
2013-05-27
Sosialisasi Draft PKS Asuransi Kredit Kontruksi
Sosialisasi Draft PKS Asuransi Kredit...

Karir



Produk Kami



    Asuransi Oil and Gas